Selasa, 04 Agustus 2015

cara Sederhana meningkatkan trafik blog


Pada umumnya trafik dibutuhkan dimana hal ini mutlak sebagai pendukung atau cara untuk mendapatkan penghasilan dari internet, dengan trafik tinggi sesuatu hal yang diharapkan bisa terwujud.


Berikut adalah beberapa cara meningkatkan trafik di blog dari berbagai sumber, agar browsingnya bermanfaat saya posting di blog ini, semoga bermanfaat untuk para pengunjung dan rekan blogger sekalian.


1. Familiar.

Jika anda terkenal, maka jika anda punya situs, situs anda akan dikunjungi oleh orang. (Contoh: Mario Teguh. Situsnya MarioTeguh.asia tidak muncul dimanapun ketika saya mengetikkan “Mario Teguh” di Google, tapi mengapa situsnya dikunjungi oleh RIBUAN hingga PULUHAN RIBU orang tiap harinya. Hal ini mungkin karena pak Mario sangat terkenal).


2. Membuat Domain yang sesuai.

Pembuatan nama domain merupakan salah satu faktor yang dapat menarik minat pembaca atau pengunjung. Gunakanlah nama domain yang sesuai dengan tema isi blog Anda. Selain itu, cobalah pakai domain berbayar agar terindex ke negara lain dengan optimal seperti .com .co.id .net dan lain sebagainya.

3. Pelihara dan Tulis Artikel dengan Benar.

Menulis artikel yang berkualitas merupakan hal yang penting agar pengunjung ramai. Karena, dengan kita menulis artikel yang bermanfaat dan murni akan membuat orang tertarik dan mudah untuk membacanya. Dan jangan lupa peliharalah konten Anda dengan baik agar tidak terjadi crawl atau error.


4. Pemilihan Template Berkualitas.

Sebenarnya banyak template didesign baik dan bagus, namun belum tentu template tersebut akan menambah traffic pada blog. Atau bahkan malah membuat lambat kinerja blog. Saya sarankan, untuk memilih template yang simple dan mudah dilihat pengunjung, tidak memiliki banyak efek/ atribut, pewarnaaan yg kurang soft dan lain sebagainya.






5. Jika Blog Anda terbilang baru maka pada beberapa bulan pertama tulislah postingan baru setiap hari.

Tidak semua postingan harus menjadi artikel pilar dan kita kadang tidak akan menyangka artikel yang kita anggap tidak berguna malah akan menjadi artikel pilar dikemudian hari. Kembali lagi ke bahasan menulis posting baru setiap hari, menulis posting baru setiap hari bermanfaat untuk pengunjung yang datang pertama kali ke blog Anda dan mereka yang masih jarang datang ke blog Anda, menulis posting setiap hari akan menunjukkan pada pengunjung blog bahwa setiap hari ternyata selalu ada update terbaru dan lambat laun tapi pasti pengunjung pun akan mulai berlangganan melalui feed ataupun email newslatter blog Anda.

6. Analisis Kata Kunci Anda Selagi Menulis Postingan :

Selalu mengoptimalkan judul posting dan judul dengan bantuan penelitian kata kunci untuk menargetkan trafic tertentu atau pengguna. Dengan menggunakan alat Google disebut sebagai  AdWords Keyword Tool , beberapa blogging CMS (Wordpress dll) menyediakan plugin kata kunci mereka sendiri di mana tidak perlu menggunakan Google Adword. pencarian kata kunci menargetkan istilah dan frase audiens Anda benar-benar mengetik ke dalam mesin pencari. Bila Anda mencari Anda "posting ide atau kata" di adwords ia akan menampilkan pencocokan frase, niat atau jenis istilah oleh pengguna di mesin pencari, gunakan "sama persis" pilihan untuk mendapatkan hasil terbaik. Penargetan kata kunci yang sempurna memberi Anda nilai dengan menggunakan frase efektif dalam judul posting blog, dan menulis konten berkualitas tinggi tentang subjek.

7. Mengatur Konten Blog Anda Dari titik SEO :

Untuk mendapatkan peluang lalu lintas besar di blog, optimasi mesin pencari adalah cara sederhana dan mudah untuk membuat blog lebih dikenal. SEO memiliki cara yang berbeda dari iklan atau bisa dikatakan lebih kepada cara kita sendiri memaksimalkan cara penulisan blog yang baik dan benar, tentu saja dalam hal ini yang mengandung banyak kumpulan kata yang memilki tautan secara langsung atau tidak langsung terhadap apa dicari pada mesin-mesin pencari. Hal ini akan membantu blog kita diindex oleh directory tersebut ke hampir semua search engine. SEO dapat membangun lalu lintas yang menghadirkan ribuan pengunjung ke blog anda dengan pencarian yang dioptimalkan melalui cara ini.
 

 8. Analisis Traffic Anda Melalui Google Analytics :

Analytics akan memberitahu dari mana kunjungan berasal, sumber lalu lintas berkualitas, berapa banyak mendapatkan pengunjung atau pembaca, pada bagian mana atau bahasan artikel tentang apa yang menarik minat, dan analisa lainnya, hingga akan memberitahu kesalahan, baik secara mendasar maupun untuk sebuah peng-optimalan monetize atau raihan potensi penghasilan dari blog yg ada sehingga dapat meminalisir potensi kesalahan atau kerugian untuk segera diperbaiki.


9. Jangan Segera Menyerah.

Tetap berusaha dan jangan mudah menyerah di awal membangun "merek". Dan dengan strategi ini segera akan mendapatkan hasil yang sesuai.
Memiliki Fitur Unik dan Desain: Pembaca pertama melihat desain blog dan fitur, kekuatan desain mencolok dan fitur yang dapat digunakan tidak dapat diabaikan. Pelajari dan lakukan, belum berhasil coba lagi dan lagi.
  

10. Daftar Blog Ke Search Engine.

Ini merupakan hal utama dan yang paling sering dilakukan. Daftarkanlah segera blog anda di beberapa search engine ternama seperti Google, Bing, Ask, Yahoo dan lainnya. Selain itu, pasang meta tag dan script yang mendukung agar blog kita dapat terindex dengan cepat dan bertahan lama.

11. Share Postingan Anda ke Jejaring Sosial.

Jika Anda belum, daftarkan diri Anda di Twitter, Facebook, LinkedIn, dan Google+ lakukan sekarang. Jaringan ini menarik pengguna dalam jumlah besar di seluruh dunia di internet, dan mereka berpartisipasi di situs tersebut masuk ke dalam daftar "distributor konten". Isi informasi lebih lanjut mengenai profil, semaksimal mungkin. Untuk blogger, media sosial merupakan sumber terbesar dari lalu lintas, ketika hal terkait SEO atau mesin pencari mulai kurang konsisten menempatkan blog ada pada urutan atas.
  
12. Konsistensi Kinerja Blog.

Faktor yang terakhir ini adalah faktor yang sangat penting untuk meningkatkan traffic dan memperbanyak jumlah pengunjung di blog. Konsistensi adalah ketetapan suatu pemikiran untuk dipertahankan atau dapat dikembangkan dengan baik serta teratur. Jadi, maksudnya disini adalah kita harus menjaga konten dan postingan kita yang teratur setiap hari, sering update, sering cek halaman yang error, dan untuk dilakukan secara rutin. Selain itu, seringlah anda mendaftar ke forum orang lain agar memiliki wawasan yang dapat meningkatkan kualitas kata-kata dari artikel yang Anda tampilkan.

13. Gunakan nama domain yang tepat dan mudah diingat.

Jika Anda benar-benar serius untuk terjun didunia blogging monetize maka sebelum memulai pastikan nama domain yang Anda pilih tepat dan mudah diingat orang lain. Untuk menilai nama domain mudah diingat misalnya ketika Anda ngobrol dengan teman didunia nyata (offline) tentang dunia blogging lantas kita menyebutkan nama domain kita, nah jangan sampai teman kita harus bertanya dua kali saat kita menyebutkan nama blog yang kita miliki. Lebih baik lagi jika nama domain yang anda pilih memiliki keyword untuk pembahasan (niche) blog Anda, misalnya tentang otomotif dan tekonologi sehingga keywordnya bisa disingkat ototekno, otomotif - tekonologi dan lain sebagainya.

14. Komentar, komentar dan Berkomentar di Blog Lain.



Setelah Anda memiliki blog dengan nama yang baik, artikel yang cukup, maka blog Anda sudah cukup mumpuni untuk tampil kedepan. Sering-seringlah berkomentar di blog lain yang memang artikelnya memiliki manfaat dan membantu memecahkan masalah yang juga mungkin sedang anda hadapi. Karena dengan kita berkomentar, bukan tidak mungkin pemilik blog tersebut juga akan melihat isi blog kita.
Mulailah berkomentar pada blog lain, pastikan blog yang dikomentari memiliki tema yang cukup sama, kemudian dalam komentar tersebut sisipkan satu link text untuk postingan anda yang selaras dengan bahasan pada artikel blog kita. Jangan lebih dari satu! Hal ini untuk menghindari komentar moderasi dan dianggap spam. Berkomentar pada blog yang memiliki tema sama memungkinkan pengujung blog tersebut tertarik untuk datang ke blog kita. Pada form komentar mesin wordpress terdapat nama, email dan URL untuk kita isi, maka manfaatkan form nama diisi dengan judul postingan yang akan Anda rekomendasikan. 

15. Mendorong visitor untuk comment di blog kita

Untuk menciptakan terjadinya comment, misalnya buatlah pertanyaan pada posting anda, pastikan pula bahwa kita merespon kembali comment yang ada sehingga percakapannya tidak akan terhenti. Salah satu cara meyakinkan pengunjung baru untuk tetap datang ke blog kita adalah dengan menunjukkan bahwa sudah ada pengunjung lain yang mengikuti perkembangan blog kita. Jika melihat pengunjung lain comment, konten artikel dapat dikatakan cukup menarik karena direspon banyak pengunjung.

Salam Sukses. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar